Keindahan Wisata Alam Sorowako yang Mungkin Belum Anda Ketahui

WisataAlam.com – Sorowako adalah Kota Nikel yang berlokasi di daerah Kabupaten Luwu Timur, Kecamatan Nuha, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Disebut sebagai Kota Nikel karena Sorowako termasuk salah satu daerah pertambangan Nikel terbesar di dunia.

Ketika mendengar atau membaca kata ‘Pertambangan’, kemungkinan yang tergambar di benak anda adalah sebuah daerah yang tandus dan gersang. Padahal gambaran ini keliru! Sebab, Kota Sorowako adalah kota dengan pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona.

Salah satu pemandangan alam indah dan mempesona yang tidak akan anda lupakan ketika berkunjung ke Sorowako adalah keindahan alam Danau Matano.
Gambaran Keindahan Alam Danau Matano Sorowako

danau matano

Danau Matano Sorowako adalah sebuah danau yang berukuran panjang 28 kilometer dengan lebar 8 kilometer. Ukuran kedalaman danau ini sekitar 590 meter atau 1.969 kaki. Sebuah ukuran yang sangat dalam, sehingga tidaklah mengherankan jika Danau Matano Sorowako dikategorikan sebagai danau terdalam di Asia Tenggara, dan berada pada peringkat ke-8 terdalam di dunia.

Kondisi air Danau Matano Sorowako sangatlah jernih. Saking jernihnya, anda bisa melihat secara langsung dari atas perahu kondisi dalam air dan kehidupan yang ada di dalamnya . Berdasarkan informasi yang disebutkan di dalam Wikipedia, diketahui kalau ternyata di Danau Matano Sorowako terdapat 6 spesies kerang dan udang , 10 spesies ikan bersirip tajam, serta 3 spesies kepiting.

Dari semua spesies ikan yang berada di Danau Matano Sorowako, ada 2 spesies ikan yang paling menarik perhatian dan minat kebanyakan orang yang berwisata ke Sorowako. Kedua spesies ikan tersebut adalah Ikan Buttini dan Ikan Opudi. Ikan Buttini dan Ikan Opudi adalah ikan khas Sorowako. Bahkan sejumlah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa Ikan Buttini hanya bisa bertahan hidup di Danau Matano Sorowako.

ikan buttini

Ikan Buttini bisa dimakan dan rasanya sangat enak dan gurih, apalagi jika digoreng atau dimasak dengan asam. Adapun Ikan Opudi adalah ikan hias berwarna-warni berukuran kecil yang sangat indah dipandang mata.

ikan opudi

Hal menarik lainnya yang bisa anda nikmati di Danau Matano adalah Goa Bawah Air. Jika air danau lagi surut, akan nampak terbuka rongga mulut Goa Bawah Air tersebut. Bahkan, walaupun air danau tersebut tidak surut, anda tetap bisa melihat Goa Mulut Bahwa Air tersebut di dalam kejernihan air Danau Matano Sorowako dari atas perahu.

gowa bawah air danau matano

Untuk Menikmati keindahan Wisata Alam Danau Matano Sorowako sepuas-puasnya, anda membutuhkan sebuah perahu. Jangan khawatir, anda bisa menyewa perahu dari penduduk lokal (sudah termasuk drivernya) dengan tarif Rp.200.000-500.000, tergantung tawar menawar anda dengan pemilik perahu. Agar biaya terasa ringan, sebaiknya anda menyewa perahu tersebut dengan beberapa orang teman anda.

Biaya sewa ini berlaku untuk seharian penuh. Manfaatkanlah waktu seharian tersebut untuk berkeliling di sekitar Danau Matano dan menikmati keindahannya.

Agar lebih nikmat dan menarik, sebaiknya anda singgah di tempat-tempat tertentu untuk berenang dan menyelam. Anda tinggal memberitahu driver untuk membawa anda ditempat yang cocok untuk melakukan hal tersebut.

Jika anda berada di daerah luar Sulawesi Selatan dan ingin melakukan perjalanan ke Sorowako, pertama kali anda harus ke Kota Makassar. Jika anda melakukan perjalan laut, anda akan tiba di pelabuhan Hasanuddin Makassar. Dari sana anda tinggal naik ojek atau taksi ke Terminal Regional Daya.

Jika anda melakukan perjalanan udara, anda akan tiba di Bandara Hasanuddin Makassar. Dari bandara anda tinggal naik taksi atau Damri Bandara menuju Terminal Regional Daya. Setiba di Terminal Regional Daya, anda bisa memilih jenis bus yang akan anda tumpangi menuju Sorowako. Tarif sewa untuk bus Makassar-Sorowako saat ini sekitar 140an ribu dengan lama perjalanan sekitar 12-14 jam, tergantung kondisi dalam perjalanan.

No Response

Leave a reply "Keindahan Wisata Alam Sorowako yang Mungkin Belum Anda Ketahui"