Mendaki Puncak Gunung Semeru

No comment 186 views
Mendaki Puncak Gunung Semeru – Gunung Semeru merupakan gunung berapi yang terlatak di Malang dan Lumajang. Dimana gunung yang pernah dijadikan lokasi syuting 5 cm itu merupakan gunung berapi tertinggi yang ada di Pulau Jawa dengan tinggi 3676 m dari permukaan laut. Puncak gunung semeru yang sangat tinggi membuat gunung yang terletak di Malang dan Lumajang ini menjadi tempat favorit untuk dilakukan sebuah pendakian. Di puncak gunung semeru terdapat kawah yang di sebut dengan nama Jonggring saloko. Selain itu di kawasan Gunung Semeru terdapat beberapa jenis hutan seperti hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.
Perjalanan ke Gunung Semeru
Bagi anda yang tertarik untuk mendaki puncak tertinggu di pulau jawa ini anda bisa lewat kota Malang atau Lumajang. Jika anda lewat Malang maka anda bisa naik angkuran dari kot malang menuju desa tumpang. Setelah itu anda akan naik kendaraan Jeep atau truck yang menuju ke pos Ranu Pani dengan biaya sekitar Rp 20.000. Namun sebelum mencapai pos Ranu Pani anda akan mampir terlebih dahulu di Gubug klakah untuk mendapatkan surat izin. Surat izin yang anda peroleh bisa and atebus dengan biaya 6.000 untuk maksimal 10 orang. Setelah anda sampai di Pos Ranu Pani maka anda sudah sampai di desa tertakhir gunung semeru. Di Ranu Pani terdapat penginapan dan warung. Selain itu and ajuga bisa menyewa tenda, dimana anda akan dikenakan biaya 20.000 per tenda. Dan apabila anda membawa kamera maka anda akan dikenakan biaya 5.000 perbuah.
Jalur Pendakian Gunung Semeru



Pos Ranu Pani menuju Watu Rejeng
Di jalur ini anda menyusuri lereng bukit yang di dominasi oleh tumbuhan alang-alang. Di Jalur ini kadang kala anda akan menemui pohon tumbang di jalur pendakian sehingga memaksa anda harus menundukkan kepala.  Setelah menempuh jarak sekitar 5 km maka anda akan maka anda akan sampai di Watu Rejeng
Watu Rejeng menuju Ranu Kumbolo
Setelah anda sampai di watu rejang maka anda akan di hadapkan dengan jalur yang cukup menantang sehingga membutuhkan tenaga ekstra. Namun disini anda bisa menikmati pemandagan yang indah menyusuri lembah dan bukit. Dijalur ini juga terdapat hutan pinus dan cemara yang sangat indah. Setelah berjalan sekitar 4,5 km maka anda akan sampai di Rabu Kumbolo
Ranu Kumbolo menuju Kalimati
DiRanu kumbolo anda bisa mendirikan tenda untuk beristirahat sambil mneikmati pemandangan danau yang cukup indah. Jika anda di pagi hari maka anda akan berkesempatan melihat matahari terbit disela-sela bukit. Sebelum melanjutkan perjalanan ke Kalimati maka anda sebaiknya membawa bekal air yang cukup banyak karena anda akan melawati jalur yang cukup jauh. Jalur menuju kalimati maka anda akan di hadapkan dengan batu yang terjal. Setelah melewati bukit maka anda akan dihadapkan dengan padang rumput yang luas yang dinamakan dengan oro-oro ombo. Sambil melewati oro-oro ombo maka anda bisa melihat pemandangan yang indah dari lereng gunung yang di tumbuhi oleh banyak pohon pinus. Setelah melewati panjangnya oro-oro ombo maka anda akan dihadapkan dengan hutan cemara yang biasa dikenal dengan Cemoro Kandang. Setelah melewati jalur yang panjang maka anda akan sampai di pos Kalimati.
Kalimati menuju Arcopodo
Di pos kalimati anda bisa mendirik tenda untuk beristirahat. Pos Kali mata merupakan padang rumput yang luas. Untuk menuju ke Arcopodo maka andaharus berbelok ke arah timur dengan perjalanan sekitar 500 m. Di jalur ini and akaan melewati hutan cemara yang curam dengan kontur tanah yang mudah longsor.
Arcopodo menuju puncak semeru
Untuk menuju puncak semeru maka anda membutuhkan waktus ekitar 3-4 jam dari Arcopodo. Ketika melewati jalur yang satu ini anda harus ekstra berhati-hati karena dijalu ini anda akan melewati bukit pasir yang curam dan mudah merosot. Pendakian menuju puncak dilakukan pagi-pagi sekali sekitar pukul 02.00 pagi dari Arcopodo.
Foto Gunung Semeru

Warning
Sebaiknya anda mendaki selain pada siang hari, karena pada siang hari angin cendurung ke arah utara menuju puncak membawa gas beracun dari Kawah Jonggring Saloka.
Pendakian sebaiknya dilakukan pada musim kemarau yaitu bulan Juni, Juli, Agustus, dan September. Sebaiknya tidak mendaki pada musim hujan karena sering terjadi badai dan tanah longsor.
Suhu rata-rata berkisar antara 3°c – 8°c pada malam dan dini hari

Sekian postingan saya mengenai Mendaki Puncak Gunung Semeru semoga bisa bermanfaat.
No Response

Leave a reply "Mendaki Puncak Gunung Semeru"