Destinasi Wisata Hits Bogor: Informasi Curug Leuwi Hejo Lengkap dan Terbaru

Dapatkan informasi lengkap dan terbaru Curug Leuwi Hejo. Harga tiket, lokasi, rute, fasilitas, dan aktivitas menarik, di sini.

Spot Foto Keren Curug Leuwi Hajo

Curug Leuwi Hajo adalah salah satu tempat wisata favorit bagi para pencinta alam. Pasalnya, objek wisata yang berada di Jawa Barat ini menyuguhkan keindahan alam berupa air terjun dengan kolam berwarna hijau toska yang jernih di bawahnya. Nama Curug Leuwi Hajo sendiri berasal dari bahasa Sunda, yaitu leuwi yang berarti lembah atau bagian sungai terdalam dan hejo yang artinya hijau. Dari namanya, kita bisa membayangkan seperti apa rupa destinasi wisata yang hits ini.

Pesona Curug Leuwi Hejo memang ampuh memanjakan mata sekaligus menyegarkan fisik dan pikiran para wisatawan yang berkunjung. Tak heran jika tempat wisata populer ini bahkan disebut-sebut sebagai ‘Green Canyon’ kota Bogor. Dengan udara dingin khas daratan tinggi, destinasi wisata hits ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan akhir pekan atau masa liburan bersama teman atau keluarga. Untuk itu, ada baiknya menyimak beberapa informasi seputar Curug Leuwi Hejo berikut ini.

Aktivitas Menarik

Sumber: https://instagram.com/curugleuwihejo.tourguide?utm_medium=copy_link

1. Trekking

Untuk sampai di Leuwi Hejo, pengunjung cukup melintasi jalur trekking sekitar 20-30 menit dari lokasi parkir. Perjalanan kamu akan terasa menyenangkan karena indahnya pemandangan pegunungan serta suara gemercik air sungai. Selanjutnya, wisatawan akan dihadapkan pada jalan setapak dengan tanjakan ringan dan landai sehingga relatif aman bahkan untuk anak-anak. Jika beruntung, kamu juga akan menemui sekelompok kera yang berlompatan di sekitar perbukitan.

1. Berenang dan Berendam

Sebagai objek wisata alam air, aktivitas yang wajib kamu coba salah satunya adalah berenang dan berendam di kolam yang memiliki kedalaman 2 hingga 7 meter ini. Rasa lelah setelah trekking akan terbayar lunas oleh kesegaran air yang mengalir dari puncak pegunungan. Kejernihan pantulan permukaan kolam, nyatanya mampu memikat hati wisatawan untuk bersenang-senang dan menikmati sensasi sejuk dan dinginnya air terjun. Buat kamu yang tidak mau menyelam pun bisa bermain air di sepanjang aliran sungainya yang dangkal.

Sumber: https://maps.app.goo.gl/A7EUPQfBqbpPo6Di

1. Lompat dari Tebing

Nah, berikutnya adalah aktivitas yang sangat cocok bagi kamu yang menyukai tantangan. Terdapat jejeran tebing yang tersusun abstrak dan tinggi bervariatif sepanjang aliran sungai. Beberapa di antaranya bahkan sudah dilengkapi tali tambang yang dipakai sebagai pegangan saat mendaki tebing. Sebelum meloncat, wisatawan bisa memastikan terlebih dahulu kedalaman kolamnya, kalau sudah aman baru lakukan lompatan dengan benar supaya tidak cedera.

1. Bersantai dan Menikmati Keindahan

Setelah menjajal beberapa aktivitas menyenangkan di atas, mungkin kamu merasa sedikit lelah sehingga perlu beristirahat. Sebagai tempat yang sangat cocok untuk refreshing, maka di sini wisatawan bisa bersantai di sekitar air terjun sembari menikmati suasana asri dan teduh khas pegunungan. Aliran air yang di kelilingi rimbunan pohon hijau menciptakan gradasi alam indah dan menenangkan hati serta pikiran. Bahkan pemandangan eksotis ini bisa kamu lihat sejak perjalanan menuju lokasi.

1. Berfoto Instagrammable

Tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen seru dan berharga dengan lensa kamera. Berfoto dengan latar belakang derasnya air terjun maupun rindangnya pepohonan di sekeliling kolam merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan wisatawan. Ada pula keindahan persawahan dan perbukitan juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Beberapa titik bahkan telah memiliki spot foto cantik dan pastinya Intagrammable.

Sumber: https://maps.app.goo.gl/WBUZimm56J5j2ieP7

Alamat dan Rute Lokasi

Destinasi wisata hits ini terletak di Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat dengan kode pos 16830. Kamu dapat menempuh beberapa jalan alternatif menuju alamat tersebut seperti melalui Sentul City dan Citeureup Bogor

Sumber: https://maps.app.goo.gl/fydKvmhd4iocovXQ8

1. Sentul City, Babakan Madang

Dimulai dari Jagorawi, pintu keluar Tol Sentul City, belok kiri ke arah Sentul City, Giant, Jungle Land. Kemudian melewati jalan menurun ke arah pertigaan Rainbow Hills Golf dan Polsek Babakan Madang, Sate PSK, SLDC. Pilihlah kiri menuju Polsek, lurus sampai pertigaan Gunung Pancar dan Pasar Babakan Madang, maka belok kanan arah Gunung Pancar lurus hingga pertigaan Gunung Pancar dan Karang Tengah.

Setelah itu, kamu dapat belok kiri ke arah Desa Karang Tengah. Ikuti saja jalan ini sampai bertemu plank Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong yang terletak di kanan jalan. Lalu kamu bisa berjalan kaki dari gerbang ini untuk menuju curugnya.

1. Pasar Mukti, Kecamatan Citeureup

Dari Jagorawi pintu keluar Sirkuit Sentul lalu belok kiri dan putar arah menuju Desa Leuwi Nutug, Bukit Hambalang, Citeureup. Lurus sampai Pom Bensin Leuwi Nutug hingga pertigaan Kecamatan Citereup dan Jalan Tengsaw. Ambil arah Jalan Tengsaw, Indokordsa lalu lurus sampai pertigaan Desa Babakan dan Desa Pasir Mukti. Kamu dapat belok kanan ke arah Kebun Wisata Pasirmukti.

Sesampainya di kebun tersebut, lurus saja menuju Kecamatan Sukamakmur, Desa Cibadak serta pertigaan Jonggol, Cianjur, dan Desa Karang Tengah. Dari sini kamu tinggal mengikuti jalan sampai bertemu plank Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong yang terletak di kiri jalan.

Jam Operasional

Mau berkunjung saat weekday atau weekend semua bisa. Pasalnya tempat wisata andalan Jawa Barat ini buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Kamu akan betah berlama-lama berekreasi dengan orang terdekat di Curug Leuwi Hejo.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati segudang keindahan Curug Leuwi Hejo wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang. Kemudian, bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi bisa memarkirkan di area yang telah disediakan dengan tarif mulai dari Rp 5.000. Besaran biaya ini bisa dibilang relatif murah untuk harga wisata alam yang seperti hidden paradise ini.

Fasilitas

Sumber: https://maps.app.goo.gl/pwoLYeHfK3mtpf2T7

Saat ini, Curug Leuwi Hejo telah dilengkapi beragam fasilitas pendukung seperti toilet, tempat ganti, gazebo serta mushola. Dari segi keamanan, objek wisata berupa air terjun ini memiliki pos pemantau serta tempat penitipan barang di dekat lokasi kolam. Ada pula bermacam kedai yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

Tidak ketinggalan terdapat penyewaan jaket pelampung yang dipatok seharga Rp 25.000 sekali sewa. Selain itu, buat kamu yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di arena curug, bisa mencari tempat penginapan untuk bermalam. Pilihannya juga bervariatif mulai dari Rp 300.000-an untuk semalam dengan fasilitas yang cukup memadai pula.

Nah, itu dia sederet informasi mengenai destinasi wisata hits Curug Leuwi Hejo yang bisa digunakan sebagai panduan liburanmu. Keindahan pemandangan alamnya memang tidak perlu diragukan lagi. Jadi, buat kamu yang menjambangi objek wisata favorit ini berkunjunglah saat musim kemarau, ketika musim hujan pengunjung tidak diperbolehkan masuk demi keamanan dan keselamatan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.